Jumat, 15 Januari 2016

Pertanian Cempedak

Cempedak adalah sejenis buah  yang memiliki ukuran yang cukup besar dan buah ini juga termasuk jenis buah seperti nangka.Untuk saat ini pembudidayaan buah ini di indonesia sudah cukup berkembang karna dalam pembudidayaan tanaman ini tidak terlalu sulit lagi pula tanaman ini bisa di tanam di daerah mana saja seperti halaman rumah depan maupun blakang serta di tempat yang anda sukai agar mudah anda budidayaakan akan tetapi sebaiknya untuk membudidayakan tanaman ini sebaiknya di daerah daratan yang memili ketinggian 1-700 m dari permukan laut dan yang memiliki tektur tanah yang subur serta memiliki irigasi air yang cukup untuk di kosumsi tanamn itu sendiri.

Dalam pembudidayaan buah ini kita bisa menggunakan cara /tahap[-tahap tradisional maupun yang sudah mopdren .Akan tetapi saat ini p[ara petani nsudah banyak menggunakan sistem yang canggih karna bagi para petani sistem ini mempermudah pekerjan selain mempersingkat waktu yang biasa kita lakukan.
Dan untuk mengetahui cara untuk pembudidayaan tanamn ini anda bisa melihat di bawah ini,dan anda harus menyimak benar apa isi dari isi tahap berikut ini agar pembudidayaan yang anda lakukan berjalan lancar seperti yang sudah anda perkirakan.

1.Penyiapan Lahan.
Untuk persiapan lahan kita bisa menggunakan lahan yang terbuka agar tanaman ini terkena sinar matahari yang cukup untuk masa pertumbuhan yang tanaman alami ,selain itu juga masalah lahan berada di tekstur di mana bagaiman keadaan tanah pada lahan yang ingi kita tanami harus memiliki unsur hara yang cukup sertamemiliki unsur tanah yang gembur agar tanamn mudah untuk mengosumsi zat yang berada pada tanah.

2.Penyiapan Bibit.
Untuk persiapan bibit kita bisa menggunakan cara apapun seperti yang kita inginkan sepert diperbanyak dengan biji. Namun, saat ini dikembangkan dengan cara sambungan. Batang bawah dapat digunakan untuk perbanyakan dengan sambungan. Walaupun dapat diperbanyak dengan okulasi, tetapi cara ini jarang digunakan. Bila bibit berasal dari biji, tanaman mulai berbuah pada umur 2-8 tahun. Namun, bibit dari sambungan sudah bisa berbuah pada umur 2-3 tahun. Biji yang akan digunakan untuk bibit tidak boleh dijemur di bawah sinar matahari terik karena embrionya mudah mati (biji rekalsitran): Budi daya tanaman Bibit ditanam dalam lubang tanam berukuran 40 cm x 40 cm x 30 cm. Setiap lubang diberi pupuk kandang 10 kg. Bibit ditanam di lahan setelah mencapai ketinggian lebih dari 50 cm (biji disemaikan dulu dalam polibag atau persemaian khusus).

3.Penanaman dan Perawatan.
Untu penanaman tanaman cepedak ini tidaklah terlalu sulit ,jadi seperti layaknya menanaman tanamn lainya seperti jambu,dukju dan lain lain tapi hanya sama dengan tanaman yang sering di sebut sebagai tanaman taunan.
Sedangkan perwatan untuk tanaman ini sungguh mudah hanya memberikan pupuk pada saat pembesaran dan kemudian penyiram dan setelah itu setelah tanamn itu besar tinggal perawatan yang mudah mudah saja seperti membungkus buah dan pemberian pupuk buah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar