Selasa, 12 Januari 2016

Pertanian Alpuket



Alpukat adalah jenis buah-buahan yang  memiliki banyak peminatnya di karnakan buah alpukat mengandung banyak sekali manfaat yang dapat menyehatkan tubuh kita. Selain sebagai sumber lemak tak jenuh, yang membuat buah alpukan  menjadi sangat bagus untuk dikonsumsi ketika menjalankan program diet yang ingin kita lakukan ,saat ini  buah alpukat juga telah sangat terkenal di penjuru kota maupun negara karna buah alpukatbini  sebagai salah satu jenis buah yang memiliki kandungan vitamin E yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit dan untuk kesehatan tubuh kita . Sehingga dengan konsumsi buah alpukat secara teratur, kulit akan menjadi lebih halus dan lebih sehat karena kandungan nutrisi pada buah alpukat .

Untuk Saat ini tingkat konsumsi  atau konsumen ataupun kebutuhan masyarakat terhadap buah alpukat  ini cukup tinggi. Hal ini terbukti dari aktivitas penjualan buah alpukat yang sangat jarang sepi pembeli selain itu juga untuk membudidayakan tanaman buah ini sangat menguntungkan dan bisa membuat peluang sebagai penghasilan yang cukup . Sejauh ini sudah hampir cukup besar para pembudidaya tanaman alpukat ini di indonesia ,hal di karnakan makin banyaknya peminat buah ini ,dan juga kita bisa tau bahwa buah ini bisa di jadikan sebagai obat maupun minuman yang segar tetapi sangat beraksiat.Selain itu buah alpukat adalah buah taunan artinya buah ini akan berbuah selam 1 tahun 1 kali atau 1 tahun 2 kali jadi kesimpulanya adalah buah ini di kenal sebagai buah taunan .

Untuk membudidayakan tanamn ini di perlukan tahapan-tahapan yang baik agar membudidayakan tanamn alpukat ini berjal;an dengan baik dan lancar,selain itu untuk menjalani tahapdemi tahap di perlukan kerja yang cukup keras agar hasil memuaskan seperti contoh di bawah ini.

1.Persiapan lahan.
Untuk persiapan lahan dalam masa pembudidayaan sangatlah penting karna faktor utama dari hasil yang besar adalah lahan,dan untuk persiapan lahan sudah pasti memerlukan kerja keras agar lahan yang ingin tanam memiliki kesuburan yang cukup.dan untuk lahan sendiri harus memiliki ntekstur tanah yang gembur agar tanaman alpukat menjadi tumbuh sehat .
 
2.Persiapan bibit.
Proses pembibitan alpukat dapat dilakukan dengan 3 cara, yakni melalui penamanan biji alpukat, penyambungan pucuk pohon , dan penyambungan mata atau yang biasa disebut dengan okulasi. Pembibitan dengan biji buah bisa dilakukan dengan terlebih dahulu menseleksi biji dari buah alpukat yang baik dan sudah cukup tua. Selanjutnya biji bisa langsung ditanam tipis di atas tanah subur atau bisa juga dengan menaruh biji terendam separuh di atas wadah yang berisi air hingga biji-biji tersebut tumbuh. Setelah cukup besar, maka bisa kita tanam di atas lubang-lubang tanam yang telah kita sediakan.
Cara pembibitan dengan biji memang akan memerlukan waktu yang cukup lama hingga pohon alpukat akhirnya mulai berbuah. Waktu yang dibutuhkan sejak pembibitan kira-kira adalah 7 tahun. Akan tetapi apabila kita melakukan pembibitan dengan teknik enten maupun okulasi, maka waktu yang dibutuhkan hingga pohon alpukat mulai berbuah akan lebih cepat, yakni sekitar 1 tahun sampai 4 tahun saja

3.proses penanaman dan perawatan.
Cara menanam alpukat sama saja dengan cara tanam pohon-pohon pada umumnya. Kita hanya tinggal meletakan bibit alpukat yang sudah siap tanam di dalam lubang-lubang tanam yang telah kita atur sedemikian rupa yang kita inginkan dan  2 minggu selanjutnya  adalah  menimbun tanah kembali dengan baik hingga lebih tinggi dari tanah yang berada di sekitarnya untuk menghindari genangan air di sekitar pohon. Waktu tanam yang paling baik yaitu pada waktu awal musim hujan. Setelah ditanam, kita hanya tinggal melanjutkan dengan upaya perawatan seperti menyiram, memupuk, dan mengendalikan hama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar