Rabu, 23 Desember 2015

Pertanian Nangka

Nangka adalah salah satu jenis buah yang memiliki rasa manis yang banyak di sukai masyarakat selain di sukai masyarakat nangka juga buah yang sangat mudah untuk di temui di daerah pedesaan maupun perkotaan karna untuk tanaman nangka ini bisa hidup tubuh di daerah mana saja kecuali daerah gurun pasir.Untuk membudidayakan tanaman ini cukup di perlukan keahlian dalam memilih bibit yang baik atau yang unggul untuk di budidayakan.



Dalam pembudidayaan bibit kita bisa menggunakan bibit dari biji atau bibit cangkok akan tetapi para petani saat ini banyak menggunakan bibit yang dari biji  karna untuk kualitas yang di hasilkan sangat berbeda dengan bibit yang dari cangkok, jadi untuk  perbedaan biji cangkok dengan bibit cangkok berbeda rasa dan beda kualitas.


Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bibit yang baik dan unggul adalah:
  1. Bibit yang ingin dijadikan bibit harus berasal dari jenis atau varietas yang unggul (produksi tinggi, buah berkualitas baik, berumur panjang dan tahan terhadap hama dan penyakit yang ingin menyerang).
  2. Bibit yang ingin di budidayakan harus sehat yang dapat dilihat dari sosoknya/di lihat dari tekstur tubuh yang kokoh, batangnya kuat, lurus dan tumbuh tegak, percabangan banyak serta daun bagian atas berwarna hijau segar dan mengkilap sehingga bibit baru bisa di katakan bibit yang unggul.
Dan setelah melihat kriteria yang baik untuk dijadikan bibit langka selanjutnya yang kita harus lakukan adalah membuat bibit dengan cara semai dan berikut langka-langka untuk penyemain biji nangka.
  • Siapkan biji nangka yang ingin di jadikan  bibit tapi usahakan biji nangka harus berasal dari buah yang cukup tua.
  • Cuci biji yang ingin di jadikan bibit dengan menghilangkan kulit yang membungkus biji yang cukup berlendir. dan menghilangkan tanduk yang berada di biji buah nangka.
  • Kemudian hal yang selanjutnya di lakukan adalah menyimpan bibit nangka dengan menghilangkan kandungan air akan tetapi dalam penyimapanannya hanya sebentar
  • Kemuian siapkan tempat untuk bibit seperti polybet atau tempat apapun asalkan kita bisa menanam biji tersebut kedalam tempat yang sudah di sediakan

Dalam tahap yang diatas harus anda lakukan apbila tidak di lakukan hasil bibit yang di dapatkan akan tidak berhasil atau tidak memuaskan.Selain itu juga untuk menyiapkan bibit ini juga di perlukan keahlian dalam membuat bibitini karna apa untuk pembuatan bibit ini di perlukan keahlian karna apabila tidak bisa membuat bibit sendiri sudah pasti kita kan sulit untuk membudidayakanya.

Dan tahap selanjut adalah penanaman , untuk penanaman bibit ini yang baik adalah di waktu sore hari  atau pagi hari hal ini untuk menghindari terik matahari yang bisa membuat daun bibit menjdi layu dan bibit akan bisa menjadi mati,hal ini sama halnya dengan menanam bibit lain karna carmenurut petani untuk menanam bibit sebaiknya di lakukan pada sore maupun pagi hari hal ini untuk mengindari terik matahari yang cukup panas.Dan cara penanaman yang cukup mudah hanya saja tinggal mengikuti langka-langka di bawah ini.
  • Siapkan bibit nangka yang sudah berumur 3-5 bulan  atau sudah bisa untuk di tanam
  • Buatlah lubang berdiameter dengan lebar 5-7 cm dan kedalaman mencapai 10-15 cm 
  • sobek atau lepaskan plastik yang membungkus bibit sebelum bibit ingin di tanam.
  • kemudian masukan bibit yanh sudah di buka plastinya kedalam tanam atau lubang yang sudah di sediakan.
  • setelah bibit di masukan tutup lubang yang sudah berisikan bibit dengan tanah akan tetapi jangan terlalu di padatkan tanahnya.

 Setelah menanam bibit tahap selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah tahap perawatan ,dalam tahap ini di perlukan kesabaran dan ketelatenan dalam membudidayakanya  jadi hal yang pelu di lakukan seperti pemupikan, pemangkasan ,dan yang terahhir pembungkusan.

  • Pemupukan.Dalam masa pemuoukan tanaman ini juga tidak harus terus dipupuk karna dalam pemupukan kiya bisa memupuk tanaman ini pada saat pembesaran dan apabila sudah cukup besar dan sehat pupuk juga bisa untuk di hentikan.
  • Pemangkasan.Dalam pemangksan yang perlu dilihat waktu dan keaadan tanaman ,apabila tanaman daunya sudah banyak yang layu atau sudah terlalu banyak dan dan cabang kita bisa melakukan pemangkasan hal ini agar tanaman yang sedang berbuah bisa terkena sinar matahari buahnya.Pembungkusan.
  • Untuk pembungkusan kita bisa melakukanya pada saat buah sudah cukup besar seperti buah kelapa hal ini agar buah tidak terserang hama dari luar







Tidak ada komentar:

Posting Komentar