Kamis, 10 Desember 2015

Pertanian Coklat

Coklat adalah tanaman yang yang memiliki umur yang panjang selain itu tanaman ini juga banyak di budidayakan /di kembangkan di indonesia.Tanaman coklat atau sering di sebut dengan tanaman kakao adalah salah satu sumber pendapatan utama bagi para petani coklat.Selain membantu prekonomian keluarga coklat juga mampu membuat indonesia semakin maju atas hasil coklat yang melimpah karna coklat adalah salah satu bahan yang penting untuk kehidupan sehari-hari dan mampu unutk membuat orang menjadi bahagia.


Dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara membudidayakan coklat.Untuk membudidaya tanaman coklat di perlukan keahlian,keterampilan,dan ketekunan karna ketiga sifat tersebut harus di miliki oleh masyarakat yang ingin maju unutk mengem,bangkan usahanya.Untuk membudidayakan coklat ini hal pertama yang perlu dilakukan adalah
1.Penyiapan Lahan.
Dalam penyiapan lahan kita harus mengerti tentang struktur tanah yang ingin kita tanami coklat.Untuk itu hal yang pertama dalam menyiapkan tanah adalah membuat tanah menjadi subut dan harus memiliki zat hara yang cukup tinggi agar tanaman yang kita tanam mendapatkan hasil yang sudah di perkirakan.Dan berikut cara membuat tanah menjadi subur.
  • Ambil kotoran sapi yang sudah di fermentasikan/sudah menjdi tanah ,kemudian.
  • Sebarkan pupuk alami tersebut ke tanah yang ingin di tanami coklat.
  • Setelah di letakan pupuk ketanah kemudian aduk /cangkul tanah dengan pupuk hingga merata.
  • Dan setelah itu biarkan tanah selama1 minggu agar pupuk dan tanah tercampur merata.
2.Pemilihan Bibit.
Untuk pemilihan bibit kita bisa menggunakan bibit cangkok atau bibit biji ,dari kedua bibit tersebut biasanya para petani menggunakan bibit cangkok karna menurut para petani bibit cangkok lebih cepat berbuah di bandingkan dengan bibit biji.Setelah menentukan bibit mana yang ingin kita gunakan terlebih dahulu kita harus tau apa ciri-ciri bibit yang baik untuk di budidayakan .Dan di bawah ini saya akan memberi informasi tentang ciri bibit yang baik/unggul untuk di kembangkan menjadi tanaman.
  • Bibit yang baik adalah bibit yang tidak terkena penyakitb sedikitpun.
  • Bibit yang unggul memiliki ciri daun berwarna hijau terang dan memiliki batang yang terlihat sehat.
  • Bibit yang baik/unggul tidak boleh memiliki kecacatan sedikitpun
Setelah mengetahui bibit yang baik untuk di tanam hal yang terakhir adalah menanam coklat.Untuk cara menanam coklat hal yang cukup mudan dan semua orang juga bisa melakukannya.Dengan cara memasukan bibit coklat yang sudah di siapakan kedalam lubang tanah yang sudak kita buat lubang agar bibit coklat bisa masuk kedalam tanah ,dan kemudian tutp kembalu lubang yang sudah di isi tanaman coklat dengan tanah kemudian tinggal merawatnya saja.

3.Perawatan.
Untuk perawatan coklat sungguh banyak seperti pengendalian pembusukan buah,pemberian pupuk,pengendalian hama dan yang terakhit adalah pengendalian lebatnya daun dan harus di pangkas.
1.Pengndalian pembusukan buah.
Dalam hal ini di butuhkan kerja ekstra seperti membuat tanaman ini selalu terkena sinar matahari dan jangan ada tanaman lain di daerah tanaman coklat yang membuat tanaman ini tertutup sinar matahari.
2.Pemberian pupuk.
Untuk pemberian pupuk bisa di lakukan selama 1 bulan sekali dan boleh juga apabila hasil buah tidak normal anda boleh memberikan pupuk kembali.
3.Pengendalian hama.
Dalam pengendalian hama kita bisa mengobatinya dengan menyemprotkan bahan unutk penghilang hama dan kita bisa membelinya di toko toko terdekat .
4.Pemangkasan daun.
untuk waktu pemangkasan daun tidak bisa di tentukan karna apabila memangkas daun harus apabila daun pada tanaman coklat sudah mulai hampir menutupi seluruh buah coklat.

Sekian tipas dari saya tentang membudidayakan tanaman coklat/kakao saya harap yang telah membaca ini bisa melakukan pekerjaan tentang membudidayakan tanaman ini dengan benar dan teratur


Tidak ada komentar:

Posting Komentar