Rabu, 23 Desember 2015

Pertanian Kangkung Akar

Kangkung akar adalah salah satu jenis sayuran yang banyak di minati oleh kalangan masyarakat.anda sudah pasti tau bahwa sudah banyak sayuran yang berbahankan kangkung yang sering kita lihat di rumah rumah makan .untuk pembudidayaan kangkung akar ini bisa di lakukan di daerah yang beriklim tropis dan memiliki tanah yang cukup lembab dan basah.

Untuk tanaman kangkung kita harus tau bahwa tanaman ini memiliki dua jenis tanaman yang berbeda yaitu tanaman kangkung air dan darat akan tetapi dalam artikel ini saya akan memberi informasi atau bagaiman cara membudidayakan tanaman kangkung akar ini.
Sebelum membudidayakan tanaman ini terlebih dahulu kita akan mengetahui ciri-ciri tanaman kangkung akar yaitu:
  • Tanaman ini sudah pasti di tanam atau di budidayakan di darat yang memiliki tanah yang tidak terlalu basah
  • Untuk bentuk tanaman ini adalah daun beruncing dan berwarna terang daunya.
  • Untuk bunga kangkung berwarna putih.
  • Untuk cara memanenya sangat berbeda dengan tanaman kangkung air yaitu tanaman darat di jabut sedangkan tanaman air di petik dan di cari yang muda daunya sedangkan tanaman kangkuyng darat di cabut semua .
Untuk di kalangan masyarakat kangkung akarlah yang cukup populer di bandingkan kangkung air,karna menurut petani kangkung pun merekan mengatakan bahwa menanam tanaman kangkung darat lebih cepat mendapatkan hasil di bandingkan tanaman kangkung air.

Dan untuk membudidayakan tanaman ini alangkah baiknya terlebih dahulu kita mempersiapkan tahap demi tahap yang ingin kita kerjakan atau kita lakukan seperti tahap tahap di bawah ini .

Persiapan Lahan .
Dalam persiapan lahan di perlukan lahan yang memiliki tekstur atau kualitas tanah yang cukup subur dan memiliki curah hujan dan tersinar matahari yang cukup.dalam persiapan lahan kita akan melakukan yaitu pembuatan gundukan yang cukup panjang karna hal ini untuk menanam tanaman kangkung akar,setelah membuat gundukan yang cukup panjang campur gundukan dengan pupuk kandang yang sudah di fermentasikan tetapi jangn lupa untuk di campur dengan cara di cangkul agar tanah dan pupuk merata.
Pembuatan Bibit.



Untuk gambar di atas kita bisa lihat bahwa fungsi dari gundukan ini adalah agar tanaman yang ingin kita tanam tidak terendam air melainkan agar tanaman ini terkena air secukupnya.Dan fungsi dari gundukan ini adalah sebagai tempat untuk penyimpanan air yang cukup agar tanaman ini tidak kekurangan air apabila terkena sinar matahari yang cukup panas.

Dalam pembuatan bibit bisa kita menggunakan bibit yang kita buat sendiri atau dengan cara membelinya sendiri .dalam pemilihan bibit atau pembuatan bibit kita bisa menggunakan cara pembuatan sendiri dengan cara yaitu
  • Ambil bunga kangkung yang sudah cukup tua dan terdapat seperti biji .
  • keringkan /jemur biji yang di hasilkan kangkung tadi 1-2 hari agar sedikit mengurangi kadar air pada biji bibit kangkung yang ingin kita tanam
  • setelah mengeringkan biji bibit kangkung akar tadi kemudian taburkan biji tersebur du gundukan panjang yang sudah kita buat.
  • tetapi jangn kita tanam hanya menaburkanya saja .
  • Usahakan saat penaburan di lakukan pada pagi hari maupun sore hari hal ini menghindario terik matahari yang cukup panas
Dan setelah melakukan penanaman hal yang perlu tinggal hanya perawatan.Dan dalam perawatan yang sering kita harus waspadai adalah menyemprotkan racun untuk ulat daun ,dan memberikan pupuk ,akan tetapi untuk melakukanya pemupukan usahakan saja menggunakan pupuk kandang saja karna hasil yang di dapatkan akan m,enjadi alami dan sehat.

Panen.
Dalam pemanenan kit bisa melakukan panen apabila kangkung akar sudar terlihat siap untuk di panen dan hal yang perlu di perhatikan sekali untuk para petani yaitu setelah memanen usahakan cuci bersih kangkung yang sudah di panen kemudian baru kangkung siap untuk di jual belikan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar