Minggu, 13 Desember 2015

Pertanian Lengkuas

Lengkuas adalah salah satu bahan rempah yang banyak di budidayakan di indonesia,selain itu tanaman ini juga bisa hidup/bisa berkembang dengan sistem   rimpang atau biji, namun biasanya / umumnya para petani lengkuas menggunakan  sisitem rimpang  karna hal ini lebih mudah diperbanyak di bandingkan dengan sistem biji . Untuk sistem rimpang yang baik untuk bibit adalah bagian ujungn pada buah.




Untuk membudidayakan tanaman ini di perlukan berbagai tahap agar tanaman mampu untuk tumbuh subur di tanah kita yang ingin kita tanami .Untuk itu sebelum menanam tanaman ini di perlukan pengolahan tanah yang tepat agar tanah menjadi subur.
Pengolahan tanah dilakukan dengan menggemburkan tanah dan dibuat gudukan-gundukan kecil . Dan pupuk yang digunakan meliputi pupuk kandang, kompos, dan pupuk buatan. Juga diperlukan bahan-bahan kimia untuk pemberantasan gulma. Panen dilakukan pada saat tanaman berumur 3 – 4 bulan, dan jangan lebih tua dari umur tersebut, karena rimpang akan mengandung serat kasar yang tidak disukai di pasaran  dan kurang sedap untuk di kosumsi.
Kemudian itu hal lanjutan yang perlu di lakukan adalah dengan pemilihan bibit,dan dala pemilihan bibit di lakukan dengan mudan tinggal hanya pilih menggunakan rimpang atau biji dan dalam tahap ini tidak terlalu panjang hanya saja memerlukan waktu cukup lama seperti bibit harus dibebaskan dari ancaman penyakit dengan cara bibit tersebut dimasukkan ke dalam karung dan dicelupkan ke dalam larutan fungisida sekitar 8 jam. Kemudian bibit dijemur 2-4 jam apabila terik matahari cukup , barulah bibit bisa  ditanam di tempat yang sudah di siapkan. 

kemudian tahap selanjutnya adalah penanaman   t,dan cara melakukan penanaman tidaklahlah susah hanya hal pertama yang perlu dilakukan adalah.
  • Menyiapkan bibit lengkuas yang ingin di tanam.
  • kemudian buat lah lobang sedalam 4-6 cm .
  • selanjutnya tanam lengkuas yang ingin di tanam di tempat lubang yang sudah kita buat.
  • setelah itu tutup kembali  bibit yang sudah di tanam di tanah dengan menggunakan tanah secukupnya akan tetapi jangan di padatkan terlalu padat.
Kemudian tahap yang harus di lakukan adalah perawatan.Dalam perawatan di perlukan ketelatenan dan tahap ini cukup menyita waktu seperti melakukan pemupukan,penyiraman ,pemangkasan daun tua ,dalam hal itu ketikan kita sudh siap untuk membudidayakan tanaman ini harus sudah mempunyai keahlian di bidangnya walapun sedikit setidaknya cukup tau saja.
Panen
Dalam masa panen kita tidak susah hanya tinggal membongkar tanaman yang sudah siap panen kemudian kita tinggal mengutipnya saja dengan santai dan menggunakan pisau yang tajam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar