Minggu, 20 Desember 2015

Pertanian Kelengkeng Yang Mudah

Kelengkeng adalah salah satu jenis buah yang memiliki rasa manis yang memikat umat manusia.Dari seleruh dunia kelengkeng termasuk buah yang banyak di kosumsi karna buah ini di percaya mampu untuk mempermuda pencernaan dalam tubuh.Untuk kelengkeng sendiri adalah tanaman yang memiliki batang yang cukup keras dan kuat selain itu kelengkeng sendiri memiliki agar tunggang yang masuk kedalam tanah yang cukup dalam.
Kelengkeng bisa tumbuh dan berkembang dengan baik di daerah yang memiliki ketinggian 300-900 m dpl. Lahan yang dibutuhkan untuk budidaya kelengkeng cukup yang memiliki tekstur tanah halus dengan tingkat pH 5,5 – 5,6. Sedangkan iklim yang cocok untuk budidaya kelengkeng  yakni tipe iklim basah,atau agak basah. Tanaman kelengkeng bisa tumbuh dengan baik di area yang terbuka dan terkena sinar matahari yang cukup karna tumbuhan kelengkeng harus terkena sinar matahari yang cukup untuk metamorfosis
Dan untuk membudidayakan tanaman ini ada beberapa tahap yang perlu di lakukan seperti.
1.Penyiapan lahan
Untuk penyiapan lahan kita bisa menggunakan lahan yang luas dan lahannya harus terbukan karna dalam membudidayakan tanaman ini harus mendapatkan sinar matahari yang cukup dan terkena air yang cukup juga.Dan untuk penyiapan  lahan kita juga bisa menggunakan lahan yang kecil seperti halam rumah ,karna tanaman ini juga bisa di tanam di perkaranagn rumah asalkan perawatan untuk tanaman ini terpenuhi dengan cukup .

2.Pemlihan bibit .
Untuk memilih bibit biasanya para petani menggunakan bibit cangkok karna bibit cangkok di percarcaya lebih cepat untuk mendapatkan hasil dan di bandingkan dengan bibit yang dari biji hl ini memungkinkan memerlukan waktu yang lama dan bisa sampai tahunan.Tetapi anda jangan risau untuk memilih bibit yang baik untuk di tanam saya bisa menganjurkan anda untuk menggunakan bibit cangkok karna untuk bibit cangkok sudah memiliki cukup umur untuk berbuah karna untuk bibit yang cangkok akan di cangkok pada tanaman kelengkeng yang sudah berumur trua dan sudah mampu untuk berbuah.

3.Penanaman.
Untuk penanaman bibit tanaman kelengkeng yang asalnya dari pembiakan vegetatif sebenarnya sama seperti penanaman bibit lengkeng dari biji. Namun, lubang tanam harus dibuat lebih dalam supaya sistem perakarannya menjadi lebih luas dan tanaman tak mudah roboh dan bisa membuat tanaman kelenkeng menjadi tanaman yang subur.

4.Perawatan.
Dalam perawatan kelengkeng membutuhkan banayk waktu dan membutuhkan kejelian dan ketelatenan dalam merawat tanaman ini.

1.Pemupukan tanaman kelengkeng
  • Pemupukan dalam setiap tahunnya bisa anda lakukan sebanyak 2 kali. Yaitu pada awal musim penghujan dan ketika memasuki musim kemarau.
  • Untuk pemupukannya sendiri dengan cara membenamkan pupuk pada tanah di sekeliling tanaman yang berjarak kira-kira sama lebar dengan lingkar luar bagian tajuk daun (dari batang utama).
2.Pemangkasan tanaman kelengkeng
Pemangkasan adalah pemotongan sebagian ranting dan cabang tanaman. Hal ini perlu dilakukan untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman kelengkeng.
Di bawah ini beberapa tujuan dari pemangaksan tanaman kelengkeng:
  • Untuk memperpendek tinggi pohon, sehingga mempermudah proses pemanenan dengan cepat
  • Agar tamanan lekas berbuah dan mudah terkena sinar matahari
  • Untuk memperbanyak ranting atau cabang.
  • Untuk meremajakan tanaman yang sudah tua .
Sekian dari tips yang saya berikan ,saya harap kepada pemabaca untuk bisa menggunakan sistem ini di rumah  atau di mana saja asalkan mengikuti aturan seperti di atas dengan benar dan baik agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar