Sabtu, 26 Desember 2015

Pertanian Kecipir





Kecipir adalah sejenis sayuran yang dimanfaatkan buahnya untuk dimakan sebagai lalapan atau apapun yang berfungsi bagi manusia. Sayuran ini termasuk jenis sayur yang pohonnya berbentuk perdu dan bisa juga seperti tanaman kacang panjang pada umunya . Selain itu tanaman kecipir ini memiliki serat yang cukup bagi para pengosumsinya ,dan  kecipir juga mengandung mineral yang baik untuk tubuh orang yang mengosumsinya. Pada dasarnya kecipir dibagi menjadi 2 jenis, yaitu kecipir berbunga biru dan berbunga putih. Kecipir berbunga biru adalah jenis kecipir yang mempunyai biji besar dan memiliki panjang buah antara 15 – 20 cm. Kecipir berbunga putih adalah jenis kecipir yang mempunyai biji kecil dan panjang buah antara 30 – 40 cm. Cara menanam kecipir sangat mudah, lahan yang diperlukan tidak mesti lebar dan  juga tidak menuntut tingkat kesuburan yang tinggi hanya saja tumbuhan ini tidak boleh sampai terendam air hal ini akan memungkinkan tanaman cipir akan mati. Jika Anda tertarik melakukan budidaya, berikut adalah panduannya atau cara membudidayakan tanaman cipir:

Penanaman dan Pembudidayaan Buah
Lahan tanam yang akan ditanami kecipir diberikan pupuk kandang/kompos 1-2 minggu sebelum di tanami agar tanaman cipir mampu untuk tumbug kembang dengan sempurna . Setelah itu lahan dicangkul atau dibajak agar tanah menjadi gembur dan pupuk dasar bisa tercampur rata. Kemudian lahan dibuat bedengan memanjang sesuai luas lahan seperti menanam kacang panjang. Setelah itu buat lubang berjarak 1-2 m untuk lubang tanam kecipir. Kemudian tanam bibit pada lubang-lubang yang tersedia, untuk setiap lubang isi dengan dua benih kecipir.



Setelah di tanam rawat tanaman dengan menyiram secara rutin tiap pagi dan sore hari terlebih saat masa tanam awal. Penanaman kecipir tanpa melalui pembenihan sehingga benih kecipir yang sudah siap tanam ditanam pada lubang tanam. Beri ajir setinggi 2 m pada saat tanaman sudah tumbuh 10 cm. Lakukan pemupukan pada usia tanam 1 bulan dan ulangi di bulan yang berikutnya. Pantau keadaan tanaman dan siangi secara berkala. Hindarkan dari hama dan penyakit yang mungkin menyerang tanaman, gunakan pestisida untuk membasminya. Masa panen kecipir buah adalah 3-4 bulan setelah masa tanam.Dansetelah proses ini semua di jalankan saya harap hasil yng di dapatkan akan sepadan denganpekerjaan yang sudah kita kerjakan dengan jerih paya yang cukup sulit



Tidak ada komentar:

Posting Komentar