Selasa, 15 Desember 2015

Pertanian Jahe Merah

Jahe merah adalah salah satujenis jahe yang tersebar di indonesia ,untuk jahe ini di kenal sebagai jahe obat yang memiliki berbagai fungsi yang bermanfaat bagi manusia .Untuk membudidayakan tanaman jahe ini kita bisa menggunakan media pot atau karung beras karna tananman ini bisa tumbuh baik di media apapun asalkan asupan nutrisi bagi tanaman ini terpenuhi dan mencukupi.


Dalam artikel ini saya akan memeberikan tips bagaimana cara unutk membudidayalkan tanaman jahe merah dengan muda dan benar selain itu dalam tahap ini saya akan memberikannya dengan simpel ,jelas dan mudah dimengerti .Dan tahap yang harus di lakukan untuk tahapan pertama adalah menyiapkan media tanaman .
Untuk media tanam saya akan menggunakan sistem polibet atau tempat yang bisa di tanami tanaman ini dan berikut cara.Untuk cara pertama yang perlu di lakukan adalah menyipakan tanah yang ingin di tanami tanaman ini dan tanah yang sudah di siapakan harus sudah memiliki unsur hara yang cukup maka dari itu terlebih dahulu tanah di campurkan dengan pupuk kandang.Dan setelah tercampur dengan pupuk kandang tanah kemudian di masukan kepolibet yang sudah di sediakan untuk di tanami tumbuhan jahe merah.

Dan tahap yang kedua adalah menyiapkan bibit ,unutk menyiapkan bibit biasanya para petani menggunakan bibit yang di buat sendiri dengan menggunakan metode biji dan metode rimpang akan tetapi para petani biasa menggunakan cara rimpang karna menurut para petani metode ini lebih mempercepat keuntungan dan sedangkan metode biji juga dapat menguntungkan tetapi memerlukan cukup waktu yang panjang.dan dalam pemilihan bibit kita juga harus tau bagaimana ciri bibit yang baik untuk di budidayakan seperti.
  • Bibit yang di tanam harus berasal dari bibit yang sudah tua .
  • Bibit jahe harus terlihat segar dan tidak terjangjit penyakit.
  • Untuk kulit bibit jaheusahakan tidak terlalu lecet agar mempermudah percepatan pertumbuhan bibit.
  • Usahakan bibit yang baik harus baru di cabut setidakanya tidah boleh terlalu lama di luar tanah karna bisa merusak kualitas jahe.
Setelah memilih bibit hal yang perlu di lakukan adalah menanam bibit yang sudah di sipakan ,untuk menanam tanaman ini tidak begitu susah ,hanya tinggal menaruhkan bibit kedalam polibet kemudian tutup sedikit bibit dengan menggunakan tanah yang sudah di sediakan kemudian tinggal menunggu bagaimana pertumbuhan tanaman ini berkembang atau tidak.

Dan tahap yang terakhir adalah perawatan.Dalam perawatan di butuhkan ketelatenan seperti menyiraman dan memberikan pupuk ,dan perawatan hama.Hal semua yang tercantum di atas haru di lakukan dengan baik atau terus menerus tanpa berenti di karnakan hal tersebut mampu untuk mempercepat pertumbuhan yang akan dapat mempercepat penghasilan petani tanaman jahe.

Sekian tips dari saya ,saya harap tips di atas bermanfaat bagi para pembaca blog ini dan  para pembaca ini bisa melakukan cara ini di rumah dan asalkan mengikuti cara-cara di atas dengan baik dan benar.an set

Tidak ada komentar:

Posting Komentar