Rabu, 28 Oktober 2015

Budidaya Genjer

Dalam hal ioni saya akan menjelaskan tentang genjer.Genjer adalah salah satu sayuran yang di minati banyak kalangan masyarakat karna genjer masih banyak di temui dan harga genjer yang tidak terlalu mahal.


Tanaman genjer adalah tanaman yang memeiliki khasiat seperti menghilangkan sembelit pada yang mengosumsinya genjer selain memiliki khasiat genejer juga berfungsi sebagai bahan pangan manusia karna rasanya yang menggugah selera bagi peminatnya.tanaman genjer ini habitat aslinya adalah amerika yang di bawah oleh  bangsa belanda ke indonesia untuk di tanam di indonesia oleh karna itu genjer di indonesia .

Dalam penanaman genjer kita harus tau tempat yang baik untuk menanam genjerr ,untuk menanam genjer lebih baik di daerah yang banyak cukup air seperti daerah persawahan karna dearah persawahan sangat cocok di tanami genjer selain itu dalam penanaman buatlah genjer cepat untuk beradaptasi karna apabila cepat beradaptasi genjer akan cepat berkembang seperti gambar di atas.

Dan berikut cara membuat bibit genjer.

Dalam membuat bibit genjer hal yang pertama adalah menyiapkan bibit genjere seperti membuatnya dengan cara memotong pohon genjer yang sudah dewasa menjadi beberapa bagian kemudian pisahkan untuk membuat bibit menjadi lebih banyak  kemudian membuat kangkah seperti itu dengan banyak seta kita tinggal menanam dan menyiapkan lahan untuk di tanami genjer .Dalam menyiapkan lahan di perlukan ketelitian seperti melihat sistem perairan lahan karna dalam membudidayakan genjer di perlukan cukup banyak air karna tumbuhan genjer tidak bisa hidup tanpa terendam iar maka dari itu buatlah lahan untuk di tanami genjer
usahakan selaulu banyak airnya dan merendam tumbuhan genjer.

Setelah membuat bibit genjer kita tinggal menanamnya saja dalam penanaman genjer cukup mudah hanya tinggal menancapakan bibit genjer kedalam tanah yang berair kemudian tunggu hingga genjer sampai besar dalam pertumbuhan genjer menggunakan sistem yaitu sulur yaitu anakan dengan makin lama makin banyak sama seperti layaknya kangkung tapi memiliki perbedaan yaitu kalau genjer harus menetap di tanah sedangkan kangkung bisa mengambang di permukaan air.

Dalam saat ini para petani   genjer lmereka budidayakan di lahan yang sepanjang tahun akan tergenang air. Baik lahan di pinggiran rawa, maupun bagian dari kolam ikan yang agak dangkal airnya. Sampai sekarang masih jarang sekali para  petani yang sengaja membudidayakan genjer secara monokultur dalam skala komersial yang agak luas karna para  petani takut membudidayakan genjer, karena konsumennya belum jelas. Sementara konsumen juga belum mendapat jaminan, bahwa pasokan genjer akan lancar sepanjang tahun karna para pembudidaya indonesia masih kurang banayak.


KESIMPULAN:
Jadi kesimpulan dari pembudidayaan genjer adalah genjer memiliki suatu manfaat bagi manusia misalnya untuk penambah daya nafsu makan dan menjadikan usaha budidaya genjer menjkadi usaha yang menjanjikan .serta membuat petani menjadi lebih mudah mencari peluang untuk betani karan betani genjer sangat mudah dan tidak perlu memiliki biayaya yang terlalu besar.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar