Senin, 01 Februari 2016

Pertanian Buah Kesemek



Buah kesemek adalah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros. Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki, atau dalam bahasa Inggris dinamai Oriental (Chinese/Japanese) persimmon. Buah kesemek juga banyak di tanam di indonesia  dan saat ini untuk para petani kesemek di indonesia cukup tinggi atau banyak.

Dalam pembudidayaan tanaman ini tidak terlalu sulit dan tidak memerlukan tenaga yang terlalu besar hanya saja untuk membudidiayakan tanaman ini kita hanya harus memerlukan skil saat di mana kita mengetahui cara penjualanya.Karna untuk membudidayakan tanaman ini  paling banyak kendala adalah masalh penjualan .Bisa kita lihat saat musim panen buah kesemek ini kita akan melihat begitu banyaknya buah yang akan di panen  jadi disaat itu harga untuk buah ini sangat jatuh atau menurun hal ini yang banyak mempengaruhi para petani buah ini sangat merugi dan mereka akan jera untuk membudidayakan tanaman ini.Jadi untuk pemerintah di harapkan untuk m3embuat penyetabilah harga untuk buah kesemek ini.

Sebelum kita membudidayakan tanaman kesemek terlebih dahulu kita harus mengetahui apa manfaat dari buah kesemek yang ingin kita budidayaka .Buah kesemek  bedasarkan risetternyata mengandung banyak zat yang bagus untuk yubuhkita seperti zat antioksida yang berkasiat untuk mencegah kangker dan menghambat proses penuaan dan mampu untuk menguatkan limpa pada tubuh kita
Untuk  membudidayakan tanaman ini di perlukian tahap demi tahap untuk menjalankanya  selain itu pembudidayaan tanaman ini tidak boleh asal asalan kita harus memperhatikan bbagaiman cara untuk membudidayakan tranaman ini menjadi lebih tinggi tau lebih baik.dan berikut langkah langkah di bawah ini.

1.Pembuatan bibit
Dalam pembuatan bibit kita bisa membuat bibit kesemek sendiri dengan cara dari biji atau dari stek hal ini bisa membuat kita mengetahui baik apa tidaknya bibit yang kita gunakan untuk di budidayakan .

2.Media tanam.
Dalam media tanam kita harus mengetahui media tanam mana yang baik untuk di budidayakan .Untuk media tanam yang baik untuk tanahnya adalah tanah yang subur dan memiliki tekstur yang gembur  dan juga harus memiliki tanah campura seperti tanah lempung dan tanah berpasir.

3.penanaman
Penanaman tanaman ini begitu gampang seperti menanamn tanaman pada umumnya seperti tanaman durn atau  tanamn mangga asalakn untuk penanaman kita harus tau bagiman cara untuk melepaskan bibit yang ada di polibet untuk di sobek plastiknya dan di tanamn .akan tetapi untuk penyobekan plastik polibet di perlukan kehati hatian dalam penyobekanya abila kurang berhati hati akan mengakibatkan akar pada bibit akan terikut dan menjadi bibit tidah bisa hidup menjadi lebih baik bahkan bisa membuat bibit menjadi mati.

4.panen.
Untuk masa panen buah kesemek  bisa memerlukan waktu yang panjang  dan bnisa kita tahu utnuk panen buah menggkudu bisa memakan waktu tahunan .dalam panen buah kesemek bisa untuk di panenn 1 tahun 2 kali saja itu sudah paling baik  danapabila tanaman keemek tidak tubuh baik tanmaman ini hanya bisa di panen 1 tahun 1 kali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar